4 Strategi Menaikkan Harga Tanpa Khawatir Kehilangan Penjualan

image

Menaikkan harga tanpa strategi akan menjadi suatu masalah. Salah satu dampak dari kenaikkan harga yaitu kehilangan pelanggan dan penjualan akan turun. Dilihat dari perilaku konsumen, sebagian besar mereka akan cenderung mengutamakan harga dibandingkan kualitas

Bagaimana tips menaikkan harga tanpa khawatir kehilangan penjualan? Berikut kami rangkum untuk Anda :

1. Sosialisasikan Jauh Hari Sebelumnya

Hal ini agar pelanggan Anda dapat memahami dan memikirkan keputusan Anda. Percaya atau tidak, bahwa kekecewaan pelanggan akan muncul namun hal itu biasanya akan terjadi sesaat, setelah itu mereka akan kembali normal. Tapi ingat, jangan membuat keputusan penting tanpa melibatkan konsumen.

2. Memberikan Penjelasan Kepada Konsumen dengan Jujur

Strategi menaikkan harga yang kedua adalah dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya kepada pelanggan Anda dengan jujur. Biasanya setelah pengumuman mengenai kenaikkan harga ini, pelanggan akan bertanya-tanya mengenai detil kenaikkan harga tersebut.

Penjelasan Anda haruslah masuk akal dan tidak berkesan dibuat-buat. Karena mereka akan terus membandingkan harga Anda dengan pesaing, untuk itulah berikan pejelasan dengan sejujur-jujurnya.

3. Jangan Ragu Memberikan Bonus

Semua orang suka mendapatkan bonus. Secara psikologis pelanggan akan kecewa jika produk yang hendak mereka beli mengalami kenaikan harga. Untuk mensiasati masalah tersebut Anda dapat memberikan bonus special berupa kupon undian atau sekedar gift. Hal ini dilakukan agar pelanggan berfikir walaupun ada sedikit kenaikkan, namun keuntungan yang didapatnya lebih banyak. Dengan strategi ini di harapkan dapat menjadikan pelanggan Anda tetap loyal.

4. Memberikan Berbagai Pilihan Harga

Strategi yang ketiga adalah dengan memberikan beberapa pilihan harga, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat strategi bundling dengan lebih murah. Dengan begitu pelanggan Akan berasumsi bahwa kenaikkan harga tersebut tidak begitu besar dan membuat pelanggan Anda dapat menerima keputusan Anda untuk menaikkan harga. Selain itu strategi bundling juga dapat menjadi metode penjualan khusus untuk Anda, mereka dapat membeli dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Untuk mengurangi kesalahan ketika menaikan harga jual, gunakan Analisa yang tepat. Software ERP memberikan laporan-laporan yang akurat mengenai historis penjualan dan pembelian Anda dalam beberapa periode yang dapat dijadikan acuan. Software ERP memiliki banyak fungsi termasuk Price Schedule dimana Anda dapat melakukan perubahan harga secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan. Akhir kata, gunakan strategi dan alat yang tepat ketika Anda ingin menaikan harga, niscaya pelanggan Anda tidak akan berpaling.

turboly.com