7 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Penjualan Ritel

image

Ada masanya bagi para retailer mengalami penurunan jumlah penjualan. Banyak faktor yang mempengaruhi jumlah penjualan baik itu faktor dari internal maupun eksternal. Berikut adalah 10 cara sederhana yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan penjualan ritel saat mengalami penuruhan penjualan atau ketika mengalami penjualan yang melambat :

Ciptakan Promo Musim Liburan Anda Sendiri

Liburan merupakan kegembiraan, jadi mengapa tidak menciptakan musim liburan sendiri agar konsumen juga merasakan kegembiraan. Sebagian besar retailer hanya merayakan hari libur pada masa nomal Natal, Tahun Baru, Idul Fitri. Pertimbangkan hal-hal menyenangkan di toko anda buatlah masa liburan misalnya, ketika owner ulang tahun atau Hari Ayah, Hari Ibu misalnya buatlah penawaran-penawaran special dan jadikan momen tersebut menarik banyak orang.

Iklankan Lebih Banyak

Sangat bijaksana untuk meningkatkan upaya pemasaran selama periode penjualan yang melambat/ sepi ditengah banyaknya kompetitor. Pertimbangkan iklan di social media (Facebook, Instragram), Searching Engine (Google) dimana saat ini yang memiliki jangkauan yang paling luas.

Buzz Marketing

Selalu sebarkan perkembangan toko Anda kepada pelanggan melalui social media, email champaign, atau artikel liputan gratis di media online. Buatlah acara promosi unik untuk menghasilkan buzz tentang toko Anda.

Strategi Penentuan Harga

Ketika membeli dan menetapkan harga produk, pastikan Anda mempertimbangkan biaya barang dan toko ritel Anda dapat memperoleh keuntungan pada titik harga tersebut. Harga produk Anda harus kompetitif, tetapi tetap menguntungkan. Pada akhirnya, harga yang tepat adalah harga yang bersedia dibayar pelanggan untuk produk tersebut.

Toko Desain untuk Penjualan

Manfaatkan strategi lintas-merchandising dan manfaatkan peluang up-selling. Gunakan teknik pencahayaan dan tampilan kreatif untuk menarik pelanggan. Mainkan video untuk edukasi produk, hiburan pelanggan, dan penjualan tambahan atau promosi lainnya. Libatkan semua indera dalam merchandising visual Anda. Ingat, toko yang menarik dan enerjik adalah magnet.

Jaga Komunikasi dengan Pelanggan

Layanan pelanggan yang sangat baik adalah kunci untuk meningkatkan penjualan. Dengarkan pelanggan Anda untuk memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Kemudian lakukan edukasi produk pada mereka. Berikan layanan purna jual dapat memberikan nilai tambah. Dan jangan lupa meminta informasi kontak dari setiap pelanggan. Ingat, pelanggan mencari pengalaman dan bukan hanya produk.

Terapkan Manajemen Keuangan

Implementasikan Software POS Retail untuk membantu pengelolaan keuangan yang baik dari toko Anda sehingga seluruh transaksi penggunaan uang dapat awasi dan di lacak. Tentukan budget/anggaran, sehingga tahu setiap Rupiah dialokasikan kemana dan tentunya jangan lupa untuk mengontrol persediaan.

turboly.com